free hit counter code
Resep Cara Membuat Kue Bugis Ketan yang Kenyal dan Lembut

Resep Cara Membuat Kue Bugis Ketan yang Kenyal dan Lembut



Hay Sahabat bundo, jumpa kembali, kali ini bundo akan memperkenalkan cara membuat kue Bugis. Kue Bugis merupakan kue favorit jenis jajanan pasar yang selalu digemari oleh orang dewasa dan anak-anak. kue bugis ini juga kerap kita jumpai di acara pernikahan atau acara kebersamaan keluarga karena mungkin kue ini adalah kue tradisional yang masih dapat kita nikmati sampai saat ini karena memiliki rasanya yang enak dan memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, sehingga kue ini sangat cocok sekali untuk semua kalangan baik muda maupun tua. untuk mendapatkan kue ini tidaklah susah, karena kue ini biasa dijual di pasar-pasar tradisional.

Kue bugis biasanya dibungkus dengan daun pisang sehingga menambah aroma yang sedap dan pada bagian dalamnya diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah yang dapat menambah rasa manis dan nikmat. Kue bugis ini terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana dan pembuatannya pun relatif mudah. bagi anda Ibu-ibu yang ingin membuat sendiri kue bugis ini dirumah, bundo akan berbagi resep dan cara pembuatannya.

Baca Juga Cara Cepat Membuat Kue Dadar Gulung Yang Enak

Bahan - Bahan Untuk Kue Bugis 

  • 300 gram tepung ketan, boleh menggunakan ketan putih ataupun ketan hitam
  • 300 mililiter santan kelapa yang kental
  • 1 sendok teh garam halus
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus kue bugis ini

Bahan-bahan untuk isi kue:
  1. 150 gram kelapa yang sudah diparut
  2. Seperempat sendok teh vanili serbuk
  3. 100 gram gula merah
  4. dan garam halus secukupnya (jangan sampai asin ya)
Baca Juga Cara Mudah Membuat Kue Sagu Kering Yang Paling Renyah

Cara Membuat Kue Bugis Ketan:

  1. Pertama-tama kita membuat bahan isi kue 
  2. tuangkan seluruh bahan isi kedalam wadah dan masak diatas api sedang sambil di aduk hingga gula benar-benar larut, setelah larut angkat dan tiriskan
  3. Sekarang kita beranjak ke pembuatan kue nya, Tuangkan tepung ketan dan garam secukupnya ke dalam wadah dan aduk sampai merata
  4. tuangkan santan sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung sambil diuleni dengan tangan hingga adonan sampai kalis
  5. Ambil adonan secukupnya kemudian masukan bahan isi "enten" kedalam bagian tengahnya.  (lakukan hingga adonan sampai habis)
  6. Kemudian bungkus dengan daun pisang dengan rapi dan lipatlah dibagian ujung-ujungnya
  7. Setelah dibungkus, selanjutnya kukus adonan yang sudah dibungkus dengan daun pisang hingga matang kira-kira 30 menit sampai 45 menit
  8. Setelah matang angkat kue bugis dan siap untuk disajikan.

 Nah cukup mudah bukan? Ibu-ibu di rumah juga dapat membuat kue bugis yang rasanya tidak kalah enak dengan kue bugis yang dijual di toko kue atau pun dipasar, dengan catatan anda mengikuti resep dan langkah-langkah pembuatannya dengan benar. Demikianlah Resep dan cara membuat kue bugis ketan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat Mencoba.
Baca Juga Cara Mudah Membuat Kue Serabi Yang Enak
Read More
Cara Cepat Membuat Dadar Gulung Dengan Wajan Kewalik

Cara Cepat Membuat Dadar Gulung Dengan Wajan Kewalik

kueomek.com

Resep Kue Dadar Gulung Hay sahabat bundo kue dadar gulung adalah merupakan salah satu kue tradisional yang ering kita jumpai setiap hari baik di pasar tradisional, toko kue, maupun pedagang kue keliling. Kue dadar gulung biasanya berisi campuran gula merah dan kelapa parut, dan berwarna hijau dengan menggunakan pewarna alami yaitu daun suji yang membuat kue ini selain nikmat juga menarik untuk disajikan sebagai cemilan sehat sehari-hari.
Baca juga resep kue bolu gulung
Meskipun kue ini relatif mudah untuk membuatnya, namun banyak orang menyukainya dikarenakan kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal sehingga sangat cocok sekali untuk dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak karena tidak akan menimbulkan gangguan pada pencernaan.

Pada kesempatan ini bundo ingin berbagi resep cara membuat kue dadar gulung yang legit dan nikmat, barangkali anda ingin membuat kue ini sendiri dirumah, berikut adalah resep dan langkah-langkah membuat kue dadar gulung dengan mudah dan praktis.

Bahan Kue Dadar Gulung

Bahan-bahan untuk membuat kulit dadar gulung:
  • 75 gram tepung terigu
  • 175 mililiter santan kental
  • 1/2 butir telur kocok lepas
  • 1/8 sendok teh gram
  • 25 mililiter air daun suji, hasil dari rebusan 15 lembar daun suji dan 1 lembar daun panda
Baca juga resep kue cucur yang paling kekinian
Bahan Untuk membuat isi kue dadar gulung:
  • 50 gram gula merah diiris halus
  • 100 gram kelapa parut
  • 1 lembar daun pandan, diikat
  • 75 mililiter air
  • 1/8 sendok teh garam.

Cara membuat kue dadar gulung:

  1. Pertama-tama kita membuat dulu untuk isinya dengan memasak gula merah, kelapa parut, garam, daun pandan dan air sambil diaduk hingga meresap merata dan kering. setelh masak kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Membuat kulit dadar gulung, yaitu masukan tepung terigu dan garam kedalam wadah, kemudian tuangkan santan, air daun suji, dan telur, aduk sampai rata.
  3. Panaskan wajan datar dalam api kecil, Tuangkan adonan kulit kedalam wajan dengan membuat dadar tipis-tipis lakukan hingga adonan habis.
  4. Ambil selembar dadar, kemudian berikan isi didalamnya, selanjutnya lipat sisi kiri dan kanan, kemudian gulung hingga nampak seperti gambar dibawah ini. lakukan hingga adonan dan isi sampai habis.
  5. Setelah selesai kue dadar pun sudah dapat disajikan, atau anda dapat membungkusnya dengan plastik warna bening agar warna kue kelihatan menarik.
Demikinlah resep cara membuat kue dadar gulung yang mudah dan cepat, semoga ibu-ibu dapat memahami untuk dipraktekan dirumah, bundo yakin kue dadar gulung hasil kreasi ibu-ibu di rumah tidak akan kalah rasanya dengan kue dadar gulung yang dijual dipasar tradisional atau bahkan yang dijual di toko kue dengan catatan anda mengikuti resep dan langkah-langkah pembuatannya dengan benar. Selamat Mencoba
Baca juga cara membuat kue cake Super Enak
Read More
Cara Cepat Membuat Kue Cubit Yang Paling Enak Kekinian

Cara Cepat Membuat Kue Cubit Yang Paling Enak Kekinian

Cara Cepat Membuat Kue Cubit Yang Paling Enak Kekinian

Resep kue cubit enak dan lembut - Assalamualaikum, hai para bunda kreatif setanah air, sebangsa dan seperjuangan dalam menyajikan masakan praktis yang enak dan lezat bagi keluarga dan orang spesial. Gimana? Udah nemuin makanan yang akan disajikan hari ini belum? Nah, bagi yang belum ataupun yang bosan dengan jenis makanan itu - itu mulu mari simak dulu nih informasi resep kue khas dari kota Bandung yaitu kue cubit. Kue cubit banyak loh macamnya contohnya saja ada kue cubit rainbow, kue cubit laba laba, resep kue cubit abang-abang yang diolah setengah matang dan ada pula kue cubit green tea dengan rasa yang dan lembut pastinya serta ada yang lebih modern lagi yaitu resep kue cubit red velvet.

Hai sobat bundo, sebenarnya cara membuat kue cubit laba laba yang dimana resep kue cubit tanpa mixer ini sangat mudah sekali untuk dibuat. Dengan rasa yang enak dan lembut serta dengan bentuk yang sederhana membuat kue yang aslinya ini adalah kue yang ndeso kata anak gaul jaman sekarang, mampu dihasilkan kue tradisional yang begitu modern. Karena banyaknya aneka resep kue cubit ini seperti di bandung membuat anak muda juga ketagihan untuk mencicipinya. Di bandung, tanpa cetakan kue cubit juga bisa membuatnya, bagaimana caranya bundo ? Nanti akan bundo jelaskan selengkapnya ya.

Selain rasa yang sudah bundo sebutkan diatas tadi, ternyata bukan itu saya. Banyak resep kue cubit yang memiliki varian rasa yang sungguh menarik, contoh dengan kue cubit rasa coklat, nangka, kue cubit taro dan lain sebagainya. Sajian sedap yang satu ini membuat nama bandung terkenal dikancah eropa dikarenakan kuliner ini. Untuk rasa kekinian, kue cubit sarang laba laba yang paling banyak diserbu pembeli karena tekstur yang lembut lumer di mulut. Original nya juga sama, nah sekarang bagaimana sih cara membuat kue cubit spesial dengan cara yang paling mudah ini bundo ? Dibuatnya di kukus atau bagaimana bundo ? Sabar ya bun, bundo belum puas nih menjelaskan tentang kue cubit ini. Apalagi jika kawan bundo ini pernah membeli margarin blueband, pasti pernah menemukan resep ini. Kue ala chef terkenal pun juga ada seperti idola bundo nih, farah quinn jika mau melihatnya silahkan ke blog farah quinn bundo. Bagi anda yang ingin mencobanya dan mencoba untuk dijual tidak salahnya untuk bereksperimen bersama bundo melakukan proses membuat kue yang empuk ini ya.
Baca juga resep kue bolu gulung
Ya, sebagian dari kita pasti mengenal makanan yang akan saya share ini, tapi juga pasti ada yang belum mengenalnya bukan. Kue ini memiliki nama yang unik dan lucu loh, dari namanya aja bisa membuat kita tertawa gemes gitu untuk menikmati rasanya. Langsung saja yuk kita bahas bagaimana cara membuat kue cubit sederhana dan mudah, untuk sementara ditulisan dulu ya. Besok jika ada waktu bundo bikin video youtube nya ya. Yuk langsung simak resep cara membuat kue yang mudah lumer dan paling enak serta praktis. Semuanya akan dirangkum dibawah ini ya kawan. Selamat membacanya dan silahkan untuk langsung mencoba. Dari tadi saya ngoceh mulu ya, pasti pada penasaran kan apa nama kue nya (walau pasti udah tau sih dengan judulnya) hehe. Benar, kali ini saya ingin berbagi resep masakan yang dinamakan kue cubit oleh orang Bandung. Kue cubit ini memiliki ciri khas dengan tekstur yang lembut.

Selain memiliki ciri khas bertekstur lembut, kue ini juga ditaburi mises diatasnya dan memiliki rasa manis yang menjadikannya sebagai jajanan tradisional khas kota Bandung. Selain itu, pada proses pembuatannya juga kue ini memiliki dua varian loh, ada yang membuatnya setengah matang dan juga ada yang matang. Malah yang setengah matang ini memiliki banyak penggemar. Tentu saja, semakin rendah tingkat kematangannya maka semakin lembut juga tekstur dari kue tersebut bukan. Sehingga ketika memakannya pun memiliki sensasi lembut dan melumer di mulut. Nah, sudah cukup cerita-cerita tentang kue nya, tentu Bunda-bunda sudah penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Untuk itu jangan kemana-mana, yuk kita simak mulai dari bahan dan proses pembuatannya.

Bahan Kue Cubit

  • 3 butir telur ayam
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin yang dilelehkan
  • 100 gram gula pasir
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sendok teh soda kue
  • Keju parut dan coklat mises secukupnya
  • ¼ sendok teh baking powder
Baca juga cara membuat kue cake

Cara Membuat Kue Cubit Yang Mudah

  • Pertama siapkan dulu wadah untuk adonannya
  • Kemudian kocok telur ayam dicampuri gula menggunakan mixer sehingga adonan mengembang dan berwarna putih.
  • Setelah adonan mengembang, silahkan masukkan tepung secara perlahan sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata.
  • Lalu campurkan juga margarin yang sudah dilelehkan tadi, bersamaan dengan soda kue dan baking powder
  • Setelah adonan tercampur rata, masukkan adonan kedalam wadah yang memiliki corong agar memudahkan kita untuk menuangnya kedalam cetakan nanti
  • Oleskan margarin pada cetakan dan kemudian panaskan, setelah panas silahkan tuangkan adonan kedalam cetakan, dengan takaran setengah dari cetakan tersebut, karena nanti kue akan mengembang.
  • Kemudian silahkan panggang adonan didalam oven hingga setengah matang.
  • Setelah itu taburi keju dan meises diatas adonan kemudian lanjutkan pemanggangan hingga kue benar-benar matang.
  • Jika ingin hasil setengah matang bisa disesuaikan saja.
  • Jika sudah, silahkan angkat kue dan silahkan sajikan selagi masih hangat tentu rasanya semakin enak dan lumer di mulut.

Nah, demikianlah pengenalan, bahan dan cara membuat kue cubit khas kota Bandung yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua. Proses pembuatannya dapat dikatakan mudah dan praktis kok, secara umumnya kue ini dipanaskan pada cetakan dan setelah matang diangkat dengan tusuk lidi ataupun penjepit. Seperti sate saja ya pakai tusuk-tusuk segala, apa kue ini sejenis sate berbentuk kue? Yang benar saja, saya cuma mengarang, hehe. Nah kawan bundo pastinya sudah puas bukan tentang cara membuat kue cubit dengan aneka rasa yang paling empuk, enak, lumer di mulut dan terpenting adalah mudah dalam membuatnya. Sekarang selamat menikmati kue yang sudah jadi ini ya bersama suami dan anak anda.
Baca juga resep kue cucur yang paling kekinian
Read More
Cara Mudah Membuat Kue Sagu Keju Yang Enak dan Renyah

Cara Mudah Membuat Kue Sagu Keju Yang Enak dan Renyah

Cara Mudah Membuat Kue Sagu Keju Yang Enak dan Renyah

Resep kue sagu keju yang enak dan renyah - Assalamualaikum kawan bundo, apa kabarnya orang-orang kreatif yang menjadi pembaca blog ini. Pada kesempatan ini saya akan bagikan tentang proses dan resep membuat kue sagu keju loh. Di ncc kue sagu ini pernah menjadi trending topic guys, banyak yang mencoba membagikannya seperti cara membuat kue sagu keju susu, resep kue sagu kelapa dan ada pula kue sagu semprit juga kue ring keju lembut. Biasanya sih kue sagu dibuat menggunakan santan, tapi ada juga loh yang membuat kue ini tanpa santan. Jika anda mengenal ny liem pasti tahu tentang kue ring keju lembut, dan resep itu akan kita bahas dipertemuan berikutnya.

Oya ngomong-ngomong ibu sudah pernah coba buat di rumah belum ? Atau ibu – ibu biasanya selalu beli di luar ya, beli dimana ? Di toko wisman, primarasa atau di ina cookies ? Biar tidak beli melulu, saya saranin mari simak tulisan baru berikut ini deh, supaya ibu – ibu dapat berkreasi di rumah masing-masing. Maka dari itu, sobat bunda tidak akan merasa rugi deh karena telah membaca artikel ini. Mari kita simak bagaimana sebenarnya resep kue sagu keju kraft ini guys, yuk baca selengkapnya.

Kue sagu keju ini umumnya menjadi salah satu jenis kue yang hampir selalu ada pada lebaran hari raya , bersamaan dengan kue kastengel dan kue nastar. Bahan utama kue ini yaitu dari tepung sagu, ibu tau kan dengan sagu ? Jika digigit maka akan lumer di dalam mulut kita. Yang di campur dengan parutan keju cheddar yang semakin menambah kelezatan kue ini. Selain kue sagu keju ada pula yang terbuat dengan campuran susu loh guys bahkan ada pula kue sagu coklat, kue sagu susu juga tidak kalah enaknya dengan sagu keju. Seperti yang ada di margarin blue band pasti ada nih tips resepnya, sama seperti resep ala bogasari.
Baca juga resep kue putri salju
Kue keju sagu termasuk ke dalam aneka resep kue kering loh dan mudah masuk angin, jadi kue ini tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu jika anda mau menggunakannya di hari lebaran, maka buatlah pas mendekati dengan hari lebaran, minimal H-5 bunda. Biasanya ketika menjelang hari raya, ibu – ibu udah pada sibuk tuh memasak masakan kue dan lain – lain untuk persiapan lebaran hari raya, dan itu jelas saya juga seperti itu hehe. Yang belum pernah coba buat kue ini silahkan deh bikin, simak bahan dan cara membuat kue sagu renyah berikut ini.

Bahan Kue Sagu Keju

  • Tepung sagu sebanyak 500 gram
  • Margarine sebanyak 150 gram
  • Gula halus atau gula tepung 150 gram
  • Kuning telur ayam sebanyak 2 butir
  • Keju cheddar (diparut) 200 gram
  • Santan kelapa kental 60 ml
  • Daun pandan (dicuci bersih) 1 lembar
Simak juga resep kue serabi

Cara Membuat Kue Sagu Keju

  • Pertama, sangrai tepung sagu dan daun pandan pada api kecil, sambil mengaduk – aduk agar adonan tidak gosong, kemudian sisihkan sejenak hingga dingin.
  • Lalu, siapkan satu wajan untuk tempat adonan.
  • Masukkan telur, margarine dan gula halus kedalam wajan yang sudah disiapkan. Kemudian, kocok adonan itu dengan mengunakan mixer sampai tercampur rata dan pucat hingga mengembang dan kental.
  • Kemudian, masukkan keju parut kedalam adonan yang dikocok tadi, kocok lagi dengan mixer hingga merata.
  • Selanjutnya, masukkan tepung sagu yang sudah disangrai lalu aduk lagi sampai tercampur rata sempurna, masukkan santan kedalam campuran adonan dan aduk lagi.
  • Setelah itu, masukkan adonan yang sudah jadi kedalam plastik segitiga yang sudah diisi sepuit bintang atau bunga di ujungnya.
  • Semprotkan adonan yang sudah dalam plastik ke atas loyang pipih yang sudah dioles margarine supaya tidak lengket.
  • Panggang dalam oven selama 20 - 25 menit atau sampai matang lalu dinginkan. Jika kuenya sudah dingin masukkan dan susun rapi didalam toples. Kue sagu keju siap untuk dihidang dan dinikmati.

Nah, itulah resep dan cara membuat kue kering sagu keju spesial yang renyah juga nikmat bun. Cukup jelas dan mudah kan bun ? Silahkan dicoba di rumah ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa resep kita kali ini dibagikan ke sesama teman-teman grup atau teman kalian di dunia maya ataupun di dunia nyata, bisa menggunakan facebook, twitter, dan beberapa sosial media yang anda miliki. Hari ini adalah hari spesial bagi kalian, nikmati resep ini dan selamat mencoba.
Baca juga cara membuat kue apem yang paling lezat
Read More
Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk

Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk

Cara Sederhana Membuat Kue Cucur Yang Enak dan Empuk

Resep kue cucur gula merah berserat pandan wangi - Assalamualaikum kawan bundo, ada yang tahu apa itu cucur ? Nah jika ada yang belum tahu, itulah yang akan kita bahasa guys. Kita akan membahas bagaimana cara membuat kue cucur berserat dengan resep nya yang menggunakan gula pasir atau putih dan ada pula kue cucur pandan yang enak dan empuk juga loh, pastinya berwarna hijau. Kue khas dari betawi ini biasanya sih menggunakan campuran gula merah, bukan dari kota jakarta saja di kota manado juga sama kawan.

Kue tradisional yang rasanya manis berbentuk bulat seperti lingkaran dan renyah pada bagian pinggirnya yang berasal Indonesia yang sampai saat ini masih banyak peminat kue ini loh. Dalam acara adat budaya tertentu kue ini wajib disajikan, namun beberapa daerah mungkin berbeda – beda seperti jakarta dan manado.
Baca juga cara membuat kue pancong paling lezat
Untuk membuat kue ini tidak memerlukan bahan yang banyak, namun pada saat pengerjaan nya ibu – ibu harus banyak bersabar, karena harus diolah satu – persatu. Sekarang kue ini sudah banyak di jual di pasar – pasar dan di warung – warung karena peminat kue ini lumayan lah banyak loh. Jika anda ingin membuatnya, pasti bunda disini mungkin akan mencarinya di internet dan pasti akan banyak menemukan berbagai resep kue cucur seperti resep kue cucur berserat pandan wangi dari forum ncc yang khas. Kue cucur seperti di jawa timur dan manado biasanya memiliki tektur yang empuk. Cara membuat kue cucur ini pun sangat mudah, tertarik untuk mencobanya?

Secara umum bahan dan resep membuat kue cucur yang enak ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan gula merah, dengan campuran air yang kemudian di goreng sedemikian rupa, kebayang kan bun ? buat ibu – ibu ada baiknya mencoba di rumah untuk di santap bersama keluarga. Beragam kue tradisional nusantara yang walaupun dengan bahan yang dan pembuatan yang sederhana tetapi kue ini menjadi salah satu favorit oleh sebagian orang. Belum tahu bagaimanan resep dan cara membuat kue cucur, langsung simak aja yuk tentang proses pembuatan nya segera.

Bahan Kue Cucur

  • Minyak goreng secukupnya
  • Air sebanyak 300 ml
  • Garam ¼ sendok teh
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar
  • Gula merah 125 gram
  • Tepung beras 125 gram
  • Tepung terigu 30 gram
Baca juga: resep cake spekuk yang unik

Cara Membuat Kue Cucur Yang Enak

  • Pertama – tama rebus air sebanyak 300 ml kemudian tuangkan gula merah, masukkan daun pandan sambil mengaduk – aduk, setelah gula larut semua. saring hasil rebusan kemudia danbiarkan tetap hangat.
  • Selanjutnya, pada wadah yang berbeda campurkan tepung terigu, tepung beras dan garam tuangkan perlahan – lahan larutan gula sambil mengaduk–aduk hingga larutan gula habis.
  • Jika adonan sudah jadi, maka selanjutnya diamkan adonan sekitar 35 - 40 menit.
  • Panaskan minyak goreng secukupnya, sebaiknya menggunakan wajan baja agar hasil nya lebih maksimal, dan hasil gorengan matang hingga ke dalam.
  • Kemudian masukkan adonan cucur ke dalam wajan, lalu siram - siramkan minyak gorang ke adonan itu.
  • Lalu, perhatikan bagian pinggir cucur, jika sudah agak mongering tambahkan sedikit adonan ke bagian tengah cucur hingga membentuk gunung, dan siram – siram kembali.
  • Untuk menentukan cucur sudah matang atau belum, tusuk bagian tengah cucur dengan lidi atau dengan tusuk gigi. jika matang angkat dan sisihkan, lalu tuang adonan selanjutnya.
  • Jika cucur tadi sudah matang, ibu dapat mengangkat nya, dan kue cucur siap untuk di santap.

Mudah sekali kan bun setelah melihat proses dan cara membuat kue cucur yang enak dan empuk ini ? Secepatnya ya bun dicoba di rumah masing-masing, sambil berkarya dengan tangan mungil kita akan membuat rasa sayang suami menjadi bertambah loh, percaya deh! Selamat bereksperimen dan menikmati kue ini bersama keluarga tercinta, dan ingat resepnya silahkan dibagikan juga klik tombol share nya ya. Untuk pertemuan berikutnya akan admin bagikan resep kue cucuru bayao, apa itu kur cucuru bayao ? Tunggu saja resepnya di blog kue omek, semoga bermanfaat.
Baca juga resep kue pisang yang enak dan kenyal
Read More