free hit counter code
Resep Kue Kering Coklat Bikin Anak-anak Ketagihan

Resep Kue Kering Coklat Bikin Anak-anak Ketagihan

Resep Kue Kering Coklat Bikin Anak-anak Ketagihan


Halo teman-teman setanah air sebangsa dan senegara, masih dengan nuansa kemerdekaan Negara tercinta kita Indonesia ya teman-teman. Apa yang teman -teman lakukan untuk mengisi waktu libur tujuh belasannya? Ya di Negara kita Indonesia sangat banyak hiburan bertemakan perjuangan untuk mengisi hari kemerdekaan, seperti panjat pinang, balap karung, makan kerupuk dan masih banyak yang lainnya.

Mumpung masih dalam nuansa kemerdekaan yang maknanya penuh dengan perjuangan, mari kita juga berjuang dalam melestarikan kuliner Indonesia. Selain hiburan bertemakan perjuangan, di Indonesia juga banyak sekali aneka kuliner yang beragam di seluruh penjuru negeri. Tugas kita sebagai masyarakat yang cinta dengan kuliner adalah melestarikan kuliner tersebut agar tidak hilang dari peredaran.

Untuk itu, saya ingin berbagi kepada teman-teman bagaimana cara membuat kue kering coklat yang renyah dan enak, serta apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering coklat. Coklat memang merupakan salah satu makanan dengan rasa manis yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Terlebih lagi dizaman sekarang, coklat bisa di kreasikan menjadi sebuah permen yang enak.

Selain itu, di supermarket-supermarket ataupun di warung-warung terdekat kita sering melihat beragam makanan ringan yang berbahan dasar coklat, seperti choco chips, biscuit coklat dan banyak lagi yang lainnya. Pasti di antara kita pernah dan sering membeli makanan ringan tersebut sebagai teman ngemil ataupun teman bersantai kan? Ya, rasa manis yang disuguhkan oleh coklat memang membuat kita ketagihan untuk mencicipinya. Namun, tidak semua dari kita yang dengan mudah merogoh kantong untuk membeli makanan ringan berbahan coklat di pasaran. Untuk itu daripada kita merogoh kantong secara berkelebihan untuk mendapatkan sensasi rasa kue coklat, mending kita buat sendiri kue coklat yang kita suka.
Baca Juga : Cara Mudah Membuat Kue Mangkok Yang Enak dan Lembut
Nah, untuk itu mari simak informasi resep kue coklat kering yang akan saya sampaikan kepada teman-teman semua secara gratis. Dengan membuat kue coklat sendiri maka akan timbul rasa puas yang lebih daripada membeli bukan. Langsung saja yuk simak resep kue coklat kering berikut ini.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue kering coklat :

1. 225 gram tepung terigu

2. 125 gram gula halus atau gula tepung

3. 175 gram mentega

4. 1 butir kuning telur ayam

5. Coklat chip secukupnya

6. 1 sdm susu bubuk

7. 20 gram coklat bubuk

8. Kenari yang telah dicincang

Cara meramu bahan-bahan hingga menjadi kue coklat kering yang renyah dan enak seperti berikut ini :

1. Pertama-tama siapkan dahulu wadah untuk menampung adonan

2. Masukkan gula tepung atau gula halus dan mentega kedalam wadah, serta campurkan kuning telur ayam lalu aduk adonan hingga merata

3. Kemudian campurkan tepung terigu sedikit demi sedikit bersamaan dengan susu bubuk dan coklat bubuk sambil mengaduk adonan hingga tercampur rata.

4. Kemudian campurkan kenari yang telah kita cincang bersamaan dengan coklat chip secukupnya pada adonan sesuai dengan selera masing-masing.

5. Setelah itu, bentuk adonan berbentuk lingkaran dengan ketebalan ½ cm

6. Sementara membentuk adonan, oleskan mentega pada Loyang dan panaskan sebentar

7. Setelah panas, susun adonan yang telah kita bentuk sebelumnya pada Loyang, kasi jarang kira-kira ½ cm pada tiap-tiap kue
Baca Juga : Cara Rahasia Membuat Kue Nastar Nanas Paling Gampang
8. Kemudian, panggang kue dengan suhu 180 derajat celcius di dalam oven hingga kue tampak mengembang dan matang

9. Setelah kue matang, silahkan angkat dan dinginkan terlebih dahulu agar lebih renyah dan gurih.



Demikianlah resep kue coklat kering di nuansa kemerdekaan kita, selamat mencoba dan selamat berkreasi.
Read More
Resep Kue Sus Anti Kempes

Resep Kue Sus Anti Kempes

Resep Kue Sus Anti Kempes


Selamat siang, sore, malam ataupun subuh bagi sobat pengunjung semuanya menyesuaikan dengan jam sobat membaca artikel ini. Kebetulan hari minggu nih, hari libur (jam saat penulis menulis artikel ini sih, hehe). Kalau bagi sobat-sobat pengunjung, hari libur minggu ini diisi dengan aktifitas apa nih? Apakah refreshing jalan-jalan bareng keluarga, teman, sahabat, ataupun pacar? Atau ada yang menghabiskan waktu seharian untuk bermalas-malasan di rumah? Atau tebakan saya yang terakhir, khusus buat bunda-bunda kreatif waktu libur malah bertarung didapur untuk menyajikan makanan yang memanjakan keluarga.

Memang seorang ibu rumah tangga merupakan pahlawan dengan banyak jasa untuk memanjakan selera keluarga. Saya kasih applause dah bagi para bunda-bunda yang masih tetap semangat didapur. Terus semangat bund, untuk itu saya ingin berbagi satu macam resep kue yang bisa menjadi alternatif kita untuk membuat makanan yang lezat dan cocok menemani hari libur teman-teman. Resep kue yang akan saya bagikan ini bernama kue sus.

Sebelumnya udah ada yang tau kue sus? Saya rasa banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi dengan kue ini, tapi walaupun tau dengan kue tersebut saya yakin tidak dari semua teman-teman yang bisa membuat kue sus itu sendiri untuk saat ini bukan? Lah iya kalau enggak kenapa capek-capek nyari resep kue sus hingga kemari coba, hehe. Nah, biar lebih afdol mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan kue tersebut, bak kata pepatah tak kenal maka tak sayang.
Baca Juga : Resep Kue Coklat Hati Edisi Lebaran Idul Fitri
Kue sus memiliki bentuk yang lonjong dan bundar dengan memiliki rongga ditengahnya dan pada umumnya rongga tersebut berisi krim vanilla yang lembut. Kulit luar kue sus bertekstur garing namun didalamnya memiliki tekstur yang lembut, terlebih lagi terdapat krim vanilla. Wah kebayang kan bagaimana rasanya paduan garing dan lembut menjadi satu, apalagi ditambah dengan manis dan lembutnya krim vanilla. Ah, rasanya pengen nyobain, nah nah tuh liat, jangan sampe ngiler kek gitu dong sobat. Heheh becanda.

Kue sus juga merupakan salah satu makanan yang paling banyak kita temui disaat ada acara-acara keluarga, selain itu kue sus juga bisa dengan mudah kita dapatkan dipasaran. Namun ya mungkin tidak semua dari kita yang suka dan gemar berbelanja dipasar. Untuk itu cobain deh untuk membuat kue sus versi sendiri. Membuat lebih bagus loh daripada membeli, punya sensasi tersendiri jika memakan masakan sendiri, apalagi disuguhkan terhadap orang lain dan mendapat respon positif. Wah gak kebayang puasnya dihati.

Ah kebanyakan ceramah ni saya, pada gak sabaran ya untuk tau bagaimana cara membuat kue sus tersebut? Ah sudahlah, yuk kita simak informasi berikut ini :

Bahan yang diperlukan untuk membuat adonan kue :

1. 150 gram tepung terigu

2. 125 gram margarin

3. 220 mili liter air putih

4. 3 butir telur ayam dengan ukuran agak besar

Bahan untuk membuat isi vanilla yang biasa disebut vla vanilla :

1. 150 gram gula pasir

2. 1 sdm margarin

3. 650 mili liter susu murni UHT

4. Vanilla bubuk secukupnya

5. Garam secukupnya

6. 1 sdm tepung custard

7. 60 gram tepung maizena

8. 2 butir telur ayam, ambil kuningnya saja

Cara membuat kulit kue sus :

1. Pertama-tama masak margarin dicampur dengan air dengan panci hingga mendidih.

2. Setelah mendidih matikan kompor dan campurkan tepung terigu secara perlahan sambil diaduk hingga adonan merata.

3. Jika adonan sudah rata, diamkan sejenak hingga dingin. Setelah dingin aduk adonan tersebut dengan menggunakan mixer hingga menjadi butiran-butiran halus.
Baca Juga : Cara Mudah Membuat Kue Brownies Super Enak Dan Lembut
4. Setelah itu masukkan telur sambil diaduk menggunakan mixer cukup dengan kecepatan sedang saja hingga telur tercampur rata dengan adonan.

5. Kemudian siapkan plastik piping bag berbentuk segitiga, dan spuit bintang.

6. Kemudian masukkan adonan kedalam plastik piping bag, sebelumnya pada ujung plastik jangan lupa untuk memasang spuit bintang.

7. Setelah itu semprotkan adonan kedalam Loyang yang telah dilumuri margarin dan dipanaskan.

8. Kemudian panggang adonan dengan menggunakan oven pada suhu kurang lebih 25 derajat celcius.

9. Setelah matang, kulit kue sus pun siap. Lalu mari kita buat vla vanilla nya.

Cara membuat vla vanilla :

1. Siapkan wadah sebagai adonan, dan campurkan kuning telur beserta sedikit susu murni cair sambil diaduk hingga rata, kemudian tambahkan tepung maizena dan diaduk kembali hingga rata.

2. Lalu, panaskan sisa susu cair murni yang dicampuri dengan tepung custard, vanilla bubuk, gula pasir dan garam diatas kompor dengan api sedang hingga campuran susu mulai mendidih.

3. Jika sudah mendidih tuang ke adonan pertama tadi dan campurkan margarin sambil diaduk hingga semua adonan merata.

4. Jika sudah, silahkan tuangkan vla vanilla kedalam kulit kue sus yang sudah kita buat sebelumnya.



Bagaimana mudah bukan? Oke lah selamat bereksperimen dan terimakasih.
Read More
Resep Kue Kacang Bulan Sabit

Resep Kue Kacang Bulan Sabit

Resep Kue Kacang Bulan Sabit


Hai bunda-bunda kreatif setanah air, bagaimana kabarnya? tentunya sehat kan, bagi yang sedang sakit karena berjuang keras untuk menyajikan makanan yang enak untuk keluarga dirumah dan turut membantu melestarikan aneka kuliner nusantara, saya doakan agar lekas sembuh. Amin. Memang untuk menyajikan makanan yang enak dan lezat bagi keluarga itu gak mudah ya bund, perlu kerja keras dengan kreatifitas untuk mencapainya.

Terlebih lagi kalau ada anggota keluarga yang alergi atau gak diperbolehkan makan sesuatu bahan makanan. Belum lagi efek yang ditimbulkan dari suatu makanan tersebut, seperti contohnya makanan yang berasal dari kacang, banyak yang bilang jika memakan kacang akan menimbulkan jerawat. Benar gak sih bund? Kalau menurut saya sih mungkin saja, karena kacang tanah memilki kandungan lemak. Tapi semua itu tergantung pribadi masing-masing sih, menurut beberapa sumber memang memakan kacang tidak disarankan bagi yang sudah terlanjur jerawatan, karena akan menumbuhkembangkan jerawat itu sendiri.

Ngomong-ngomong soal kacang, saya jadi kepingin share sama bunda-bunda tentang resep kue kacang bulan sabit yang enak dan empuk nih. Mungkin dengan memakan kacang dalam bentuk aslinya sudah biasa bagi keluarga bunda, untuk itu kenapa tidak mencoba menyulap beberapa kacang menjadi sebuah kue yang enak dan empuk.

Kue kacang bulan sabit juga menjadi salah satu pilihan keluarga muslim untuk melengkapi menu hidangan lebaran loh bund. Seringkali kita temukan kue kacang bulan sabit terisi diantara toples-toples yang dihidangkan diatas meja lebaran setiap rumah. Selain sebagai kue lebaran, kue kacang bulan sabit juga cocok untuk teman santai keluarga sambil menonton televisi ataupun kumpul keluarga.

Bentuk kue kacang ini juga unik, menyerupai bulan sabit. Dengan demikian semakin menambah rasa ingin untuk mengunyahnya lagi dan lagi, hahah semacam sensasi ketagihan ya. Untuk itu jangan lewatkan informasi resep kue kacang bulan sabit yang akan saya sajikan free buat bunda dan teman-teman semuanya tanpa terkecuali, yuk disimak.
 Baca Juga : Resep Kue Coklat Hati Edisi Lebaran Idul Fitri
Bahan yang diperlukan :

1. 140 gram tepung terigu, usahakan dengan protein yang rendah

2. 120 gram pasta kacang

3. 125 gram gula halus

4. 30 gram tepung maizena

5. ¼ sdt baking powder

6. ½ sdm susu bubuk putih

7. ¼ sdt garam

8. ¼ sdt bubuk vanili

9. 100 cc minyak goreng

10. 140 gram kacang tanah yang telah dikupas dan disangrai sebentar kemudian di blender kasar

11. 2 kuning telur dicampur dengan satu sdm mentega gunanya untuk olesan kue nanti

Cara membuat kue kacang bulan sabit :

1. Pertama-tama siapkan dua wadah untuk adonan terlebih dahulu

2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, garam, vanili dan tepung maizena ke dalam wadah dan aduk hingga merata.

3. Kemudian masukkan gula bubuk dan pasta kacang kedalam wadah yang satunya dan aduk hingga menjadi lembut.

4. Setelah campuran gula bubuk dan pasta telah lembut, tuang kedalam wadah adonan pertama dan aduk semua adonan hingga rata.

5. Setelah itu masukkan kacang tanah yang telah diblender bersamaan dengan minyak goreng kedalam adonan, dan aduk hingga rata kembali.

6. Jika adonan sudah merata, silahkan pipihkan adonan dan bentuk menggunakan cetakan bulan sabit atau bisa juga membentuk bentukan lain, tergantung selera masing-masing. Usahakan bentuk kue dengan ketebalan setengah cm

7. Kemudian oleskan margarin pada loyang, dan tata kue yang telah dibentuk diatas loyang

8. Sebelumnya oleskan kuning telur dicampur mentega diatas kue
 Baca Juga : Cara Membuat Kue Nastar Lembut Yang Lumer Di Mulut
9. Jika sudah, panggang kue dengan oven pada suhu 120 hingga 130 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit atau hingga kue matang.

10. Setelah matang, angkat kue dan dinginkan beberapa saat lalu hidangkan atau bisa disimpan di dalam toples.



Nah begitulah resep kue bulan sabit yang bisa saya bagikan kepada bunda dan teman-teman sekalin. Semoga berkenan dan selamat bereksperimen.
Read More
Resep Kue Coklat Hati Edisi Lebaran Idul Fitri

Resep Kue Coklat Hati Edisi Lebaran Idul Fitri

Resep Kue Coklat Hati Edisi Lebaran Idul Fitri


Selamat siang sobat setia para pembaca, dan juga selamat hari kemerdekaan bagi negeri kita tercinta Indonesia. Negeri kita merupakan negeri yang kaya akan aneka kuliner dari berbagai penjuru, hampir disetiap daerah memiliki makanan dan masakan khas dan menjadi ciri khas daerah mereka itu sendiri.

Negeri ini pun merupakan negeri dengan mayoritas islam, setiap setahun sekali kita umat islam merayakan hari kemenangan. Hari itu diisi dengan silaturahmi sesama teman, kerabat dan saudara, setiap rumah yang kita kunjungi seperti sudah wajib memiliki hidangan berupa aneka kue yang beragam untuk memanjakan tamu ketika bersilaturahmi.

Biasanya suasana lebaran identik dengan rasa yang manis-manis, seperti kue yang manis dengan berbahan coklat ataupun gula. Ya, emang kenyataannya rasa manis dapat memanjakan lidah kita para penikmat kuliner kan teman-teman. Coba sebutkan, hidangan kue apa saja yang biasa teman-teman sajikan di meja tamu teman-teman saat lebaran ?
Baca Juga : Cara Mudah Membuat Kue Coklat Paling Gurih Dan Nikmat
Saya yakin, jika dituangkan jawaban dari teman-teman semua pasti tidak akan pernah habisnya karena ya kenyataannya ragam dari kuliner nusantara memang cukup banyak.

Oleh karena itu saya juga ingin berbagi resep kue lebaran yang cukup menarik untuk mewarnai dan menghiasi meja tamu kita semua. Sebelumnya teman-teman pernah dengar atau menyicipi kue coklat yang berbentuk hati gak? Kue ini termasuk cookies atau kue kering, yang renyah dan tidak terlalu manis. Ya pokoknya sesuai lah jika dijadikan menu hidangan lebaran, karena termasuk kue kering jadi pastinya bisa bertahan lama.

Kue coklat hati ini juga sangat bersahabat menemani waktu santai teman-teman bersama keluarga sambil menonton televisi ataupun menikmati pagi hari dengan beberapa lembar Koran dan kopi hitam. Rasanya yang renyah gurih dan tidak terlalu manis pasti akan cocok dengan suasana apapun, selain itu rasa manis juga bisa menenangkan pikiran kita loh teman-teman, pendapat saya sih heheh. Tidak Cuma itu, kue coklat hati ini juga merupakan kue yang rendah kalori sehingga menjadikannya pilihan yang tepat untuk mengisi waktu santai kita semua.

Ahh, saya mengoceh mulu, lalu bagaimana cara membuatnya? Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk bisa mencicipi kue coklat hati yang renyah dan tidak terlalu manis ini? Oleh karena itu yuk kita simak informasi berikut ini, jangan kemana-mana ya teman.

Bahan yang diperlukan :

1. 125 gram tepung terigu yang sudah diayak

2. 30 gram bubuk coklat

3. ½ sdt baking soda

4. 4 ons coklat batang dan di cincang terlebih dahulu

5. 4 sdm mentega tawar

6. ¼ sdt garam

7. 110 gram brown sugar

8. 1 butir telur ayam

Cara membuat kue coklat hati :

1. Pertama-tama siapkan wadah sebagai tempat mengaduk adonan terlebih dahulu

2. Kemudian, masukkan tepung terigu yang telah kita ayak sebelumnya, bubuk coklat dan baking soda ke dalam wadah, lalu aduk adonan hingga rata

3. Setelah itu campurkan adonan dengan garam sementara adonan tetap diaduk hingga merata.

4. Sementara itu, lelehkan coklat batang bersama dengan mentega dan brown sugar pada wajan dengan api kecil, sambil di aduk hingga adonan coklat tampak merata

5. Kemudian, campurkan telur pada adonan coklat dan kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah saja sambil menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata dan berbentuk bola
Baca Juga : Resep Kue Pukis Yang Paling Enak dan Tenar
6. Kemudian kita bagi adonan menjadi dua bagian dan gulung hingga ketebalan ¼ inch.

7. Setelah itu bekukan adonan kurang lebih selama 20 menit

8. Kemudian bentuk adonan dengan menggunakan cetakan kue berbentuk hati, susun kue hati diatas Loyang dan panggang kue dengan suhu 180 derajat celcius kurang lebih 10 menit hingga kue tampak mengeras dan wangi.

9. Angkat kue dan hidangkan.



Demikianlah informasi resep kue coklat hati yang bisa saya bagikan di hari kemerdekaan ini, semoga bermanfaat dan sekali lagi selamat hari kemerdekaan bagi seluruh bangsa Indonesia, selamat bereksperimen teman-teman.
Read More
Resep Kue Bolu Kukus Super Enak dan Lembut

Resep Kue Bolu Kukus Super Enak dan Lembut

Resep Kue Bolu Kukus

Apa kabar ibu - ibu pencinta masakan ? kali ini saya akan berbagi resep membuat kue bolu kukus . Mendengar kue bolu mungkin gak ada orang yang tidak tau dengan kue yang satu ini , semua orang mungkin pernah mencicipi lezatnya kue ini , apalagi saat kita masih kecil bukan .. he he he he

Selain rasa yan enak bentuk kue yang unik dan berwarna - warni juga menjadi hiasan tersendiri untuk memikat hati para pencinta kue untuk mencicipi nya . kue ini juga mempunyai rasa yang enak dan lembut loo... Masakan tradisional Indonesia ini yang namanya kue bolu banyak di sukai oleh banyak kalangan , mulai dari anak - anak sampai orang tua sekalipun.
Cara Membuat Kue Coklat Paling Gurih dan Enak
Pada saat santai sambil minum teh, kopi, dan lain – lain kue ini sangat cocok untuk mendampinginya , ibu – ibu tidak perlu selalu membeli kue di luar ya , buatan sendiri lebih baik dan lebih enak kok , tidak selalu yang dibeli itu enak dan bagus buat kesehatan, selain itu juga dapat menghemat pengeluaran bukan ?

Sebelum membuat kue bolu ini , sebaiknya ibu - ibu mempersiapkan dulu bahan - bahan untuk membuat kue ini . bahan - bahannya mudah didapat kok. Ibu – ibu bisa mendapatkan nya di warung - warung terdekat , selain itu cara pembuatannya juga praktis dan efesien ,

Oke langsung aja buk, dari pada banyak ngoceh he he he

Bahan- bahan Pembuatan kue :

Ø Tepung terigu .

Ø Telur ayam .

Ø Gula pasir .

Ø Santan kelapa .

Ø Margarin .

Ø Pewarna makanan .

Ø Emulsinifer ( Untuk pelembut kue ) .

Ø Baking powder .

Ø Vanila .

Bahan-bahan diatas banyaknya secukupnya sesuai selera dan kebutuhan ibu – ibu ya he he he …

Cara pembuatannya :

1. Aduk tepung terigu, vanilla dan baking powder pada satu tempat secara merata .

2. Kocok telur, emulsifer dan gula sampai mengembang dengan menggunakan mixer .

3. Campurkan adonan tepung terigu dengan adonan telur tadi, aduk - aduk campuran adonan ini hingga merata sampai kental dan mengembang hingga tidak ada gumpalan-gumpalan .

4. Pisahkan adonan yang sudah dicampur menjadi 2 bagian yang terpisah .

5. Beri pewarna makanan ke salah satu bagian adonan yang sudah dipisah tadi ya .

6. Tuang salah satu adonan yang sudah diwarnai atau yang tidak warnai tadi ke dalam cetakan kue secara bergantian , supaya nantinya kue ini berwarna – warni .

7. Panaskan air di dalam dandang atau kukusan hingga mendidih, oia airnya jangan sampai penuh ya bu he he he . .
Kue Donat Kentang, Resep Rahasia Membuat Donat Ala J-CO
8. Jika sudah mendidih, masukkan semua kue yang sudah dituang dalam cetakan ke dalam dandang atau pengukus .

9. Tunggu kue yang sedang dikukus hingga matang ±15 menit .

10. Jika sudah matang , kemudian angkat kue bolunya , , ehem ehem kue bolu masakan ibu siap di santap .

Bagaimana bu, simple bukan pembuatannya? He he eh ….. ibu - ibu juga dapat menyajikan kue ini pada saat ada acara atau ada tamu dan acara tertentu gitu he he he . Sekian dulu ya tipsnya ibu – ibu kece,,, selamat mencoba .



Read More
Resep Kue Bawang Enak dan Gurih

Resep Kue Bawang Enak dan Gurih

Resep Kue Bawang Enak dan Gurih

Halo sobat pengunjung dimanapun berada, dari sabang sampai merauke tanpa terkecuali saya ucapkan salam dan semoga sehat selalu. Sebentar lagi lebaran idul adha ni atau yang biasanya kita sebut lebaran haji, tapi bukan berarti lebaran hanya buat orang yang haji saja ya, heheh. Lebaran haji identik dengan potong hewan qurban, sebagian masyarakat islam Indonesia ada yang menyajikan hidangan berupa kue dirumah masing-masing seperti di hari lebaran idul fitri, namun ada juga yang tidak seperti itu. Semua tergantung kebiasaan dan lingkungan masing-masing saja. Tapi bagaimana dengan lingkungan sobat, apakah juga ikut-ikutan menghidangkan makanan seperti kue lebaran di rumah masing-masing, atau malah enggak.

Tapi rasanya juga kurang efisien, karena biasanya kunjungan-kunjungan silaturahmi pada hari lebaran idul adha tidak seramai lebaran idul fitri, ya salah satu faktornya emang terbatasnya hari libur kerja ataupun sekolah. Biasanya sih hari libur idul adha hanya dihabiskan untuk keluarga dan sanak saudara terdekat. Jadi ya wajar saja menghidangkan kue disaat lebaran haji tidak sewajib lebaran idul fitri. Namun setidaknya adalah suatu menu yang bisa dihidangkan disaat kumpul keluarga ataupun silaturahmi sanak saudara terdekat.

Bingung mikirin makanan apa yang praktis, enak dan tidak terlalu rumit membuatnya sebagai hidangan lebaran idul adha nanti? Nah, saya punya satu jenis makanan yang sudah familiar menjadi hidangan wajib di hari-hari besar seperti lebaran ni sobat. Makanan itu adalah kue bawang, wah pada sorak sorai ya, tak kirain apaan rupanya kue bawang, heheh. Tapi iya loh, kue bawang termasuk makanan wajib yang harus dihidangkan di hari lebaran, gak semua rumah sih, tapi sebagian besar begitu, salah satunya rumah saya dan kebetulan saya juga penggeman kue bawang, heheh malah jadi curhat.
Resep Kue lapis Warna Warni ala Ibu-Ibu Arisan
Sesuai dengan namanya, kue bawang bukan berarti bawang yang di kukus atau di panggang ya sobat. Haha lucu sekali kalau kita mikir kue bawang seperti itu. Kue bawang itu sendiri merupakan kue yang berbahan dari tepung terigu dan beberapa bawang merah dan putih sebagai ciri khas dari kue itu sendiri. Nah penasaran bagaimana cara membuat kue bawang dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan? Yuk mari dah simak informasi berikut ini :

Bahan yang diperlukan :

1. 200 gram tepung terigu, kalau bisa yang berprotein rendah

2. 100 gram bawang merah, hancurkan kasar dan kemudian parut terlebih dahulu

3. 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

4. 20 gram tepung tapioca

5. 30 gram margarin yang telah dilelehkan

6. 1 butir telur ayam

7. 2 helai daun seledri, cincang-cincang kasar terlebih dahulu

8. 1 bungkus royco rasa ayam

9. ½ sdt baking powder

10. Garam secukupnya

11. 2 sdm santan kelapa, berguna untuk membuat kue bawang menjadi lebih gurih

12. Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat kue bawang :

1. Siapkan terlebih dahulu wadah bersih, kemudian masukkan tepung terigu, bawang merah dan bawang putih kedalam wadah kemudian aduk-aduk sedikit.

2. Lalu campurkan tepung tapioka, telur dan margarin yang telah dilelehkan, seledri, baking powder, garam dan santan kelapa kedalam adonan sambil tetap di aduk-aduk hingga rata

3. Jika adonan sudah rata, taburi royco rasa ayam sebagai penyedap rasa, bisa disesuaikan takarannya tergantung selera masing-masing. Dan kembali aduk adonan hingga merata.
Resep Membuat Kue Nastar Spesial Lebaran Yang Lembut
4. Jika sudah, tipiskan adonan menggunakan lampia atau alat penggiling mie dengan ketebalan kurang lebih ½ cm, setelah itu pipihkan adonan dan bentuk sesuai selera.

5. Kemudian goreng adonan yang telah dibentuk hingga berwarna keemasan atau matang.



Nah begitulah proses pembuatan kue bawang, semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen.
Read More
Resep Kue Semprit Paling Enak Senunasantara

Resep Kue Semprit Paling Enak Senunasantara


Resep Kue Semprit Paling Enak Senunasantara

Halo sobat, masih menyambung artikel sebelumnya yaitu resep kue bawang untuk menyambut lebaran idul adha. Selain kue bawang saya juga punya alternatif lain untuk memenuhi meja hidangan lebaran sobat dengan satu macam resep kue lain yang tak kalah renyah dan gurih juga ni. Kue ini biasa disebut dengan kue semprit, tekstur kue ini juga berjenis kue kering yang renyah dan garing. Cara membuatnya pun cukup mudah, sehingga sangat cocok bagi sobat yang tidak memiliki waktu libur yang panjang untuk menyambut lebaran namun tetap bersikeras untuk menyajikan hidangan yang enak dan lezat di hari lebaran idul adha nantinya.

Tetap semangat dah bagi sobat-sobat yang berkeinginan keras memanjakan selera dengan aneka kuliner nusantara yang beragam-ragam dari sabang hingga merauke, kalau disebutin satu persatu mungkin artikel ini tak aka nada penutupnya karena saking banyaknya aneka kuliner yang tersebar di negeri kita tercinta ini.

Resep Kue Donat Terbaru

Kue semprit pun memiliki banyak variasi, ada yang membuatnya menggunakan bahan dari sagu dan diberi nama dengan kue semprit sagu, lalu ada juga yang membuatnya menggunakan bahan dari coklat lalu juga diberikan nama semprit coklat, tidak hanya sagu dan coklat, ada juga yang membuatnya dengan bahan dari keju sehingga kue ini telah diwisuda dengan nama belakang ditambah keju menjadi kue semprit. S.keju. hahha becanda.

Ah sudahlah gak usah bercanda-bercandaan, sepertinya udah pada gak sabaran tuh untuk mencoba bereksperimen membuat kue semprit. Ya udah kalau begitu yuk kita simak, eits tapi tunggu dulu, karena kue semprit punya banyak varian untuk itu kita sepakat dulu bahwa pada kesempatan kali ini saya hanya memberikan resep kue semprit renyah dan gurih yang sederhana. Okelah kalau begitu yuk langsung disimak mulai dari bahan yang diperlukan sampai bagaimana cara memakannya, heh loh? Haruskah saya buatkan tutorial cara memakan kue semprit di artikel selanjutnya? Hahah enggak kan. Udah udah, yuk kita simak berikut ini :

Bahan yang diperlukan :

1. 200 gram gula pasir yang telah dihaluskan

2. 400 gram tepung terigu

3. 50 gram tepung maizena

4. 2 butir kuning telur ayam

5. 230 gram margarin yang telah dilelehkan

6. ½ sdt vanilla bubuk

7. 1 butir putih telur ayam

8. 100 gram kismis sebagai toping, atau bisa diganti dengan alternatif lain seperti selai nanas, strawberry, coklat dan lain-lainnya tergantung selera masing-masing.

Ayuk ayuk kepasar saya temenin dengan kontak batin untuk berburu bahan-bahan diatas, hehe. Jangan sampai ada yang ketinggalan ya, kan repot juga jika sudah sampai didapur tapi malah bahannya kurang, kan kasian tukang ojeknya capek muter-muter balik ke pasar. Yuk lanjut.

Cara membuat kue semprit gurih renyah dan sederhana :

1. Pertama-tama jangan lupa siapkan terlebih dahulu wadah sebagai tempat kita mencampurkan adonan.

Resep Kue Pisang Kukus Enak dan Lezat

2. Jika sudah, masukkan tepung maizena dan tepung terigu kedalam wadah, kemudian aduk hingga kedua tepung merata.

3. Kemudian siapkan satu wadah lagi dan tuangkan putih telur diikuti kismis, dan diamkan sebentar.

4. Selanjutnya siapkan kembali wadah yang berbeda, masukkan kuning telur, margarin, gula pasir yang telah dihaluskan beserta bubuk vanilla dan aduk adonan hingga rata.

5. Kemudian tuangkan campuran kedua tepung yang sudah kita aduk sebelumnya kedalam campuran adonan kuning telur sambil diaduk-aduk hingga merata.

6. Sementara itu olesi margarin ke Loyang dan panaskan sejenak bertujuan agar kue tidak lengket nantinya

7. Setelah itu tuang adonan kedalam plastik yang telah diberi spuit diujungnya, dan semprotkan ke atas Loyang dengan bentuk menyerupai bunga mawar. Susun serapi mungkin. Dan jangan lupa letakkan kismis ataupun toping lainnya diatas kue semprit.

8. Jika semua adonan telah tersusun rapi, kemudian langkah terakhir panggang kue dengan suhu kurang lebih 175 derajat celcius hingga kue semprit tampak kuning kecoklatan atau matang.



Nah bagaimana mudah bukan? Selamat bereksperimen dan terimakasih telah menyimak dari awal. Mohon maaf jika terdapat candaan yang salah.
Read More
RESEP KUE DONAT TERBARU

RESEP KUE DONAT TERBARU

RESEP KUE DONAT TERBARU


Hallo ibu-ibu yang berbakat dan kreatif, yang suka memanjakan keluarganya dengan masakannya sendiri, tanpa harus membeli di luar. Sebagai ibu yang yang baik dan sayang keluarga tentunya ia selalu ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga dan anaknya. Salah satunya dengan memasak makanan.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips buat ibu-ibu yang sayang akan keluarga yaitu cara membuat Kue Donat. Ada yang tau gak dengan kue donat ? mungkin nama ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita ya jeng, hehe donat itu yang bulet, bolong di tengah, bagian atasnya yang dihiasin dengan cantik dan membuat lidah klepek-klepek ingin mencoba. Dari tadi ngoceh mulu ni, heheh langsung aja ya jeng hehe.

Donat adalah salah satu kue yang memiliki bentuk unik, yang berbentuk bulat dan bolong di tengah yang mirip dengan cincin. Mungkin banyak orang bertanya kenapa donat itu bolong di tengah ? ada yang tau jawabannya gak ? buat ibu-ibu yang belum tau mari kita simak sejarahnya donat itu kok berlubang di tengah.
Resep Cepat Membuat Kue Yang Paling Enak Kekinian
Pada awalnya nama kue donat itu gak ada, yang ada hanyalah kue biasa yang berbentuk bulat dan diatasnya ditaburi krim coklat supaya rasanya semakin nikmat. Kue seperti ini dahulu sangat terkenal di inggris, jerman dan belanda.

Trus bagaimana sih asal- muasal kue donat itu, kok dilubangin di tengah? penasarankan kan jeng? Langsung saja, Cerita ini bermula saat Hanson Gregory masih kecil, ia menemani ibunya menggoreng kuebulat di dapur. Kemudian ia bertanya pada ibunya, kenapa kuenya lama matangnya. Dan si ibu menjawab “ Karena tengah kue itu lama matangnya membutuhkan waktu lama supaya kue matang merata ”. Mendengar itu Gregory \melobangi tengah kue yang belum di masak oleh ibunya. “

Kemudian ibunya menggoreng kue yang sudah di lubangi oleh Hanson, semenjak itulah muncul ide membuat kue bulat yang berlubang di tengah alias donat. Bagaimana jeng? Udah pada tau gak jawabannya hehe.. buat ibu-ibu yang yang penasaran cara membuatnya , nih saya kasih tipsnya.

Bahan Membuat Kue Donat :

· 500 gr tepung terigu

· 50 gr susu bubuk full krim

· 11 gr ragi instant

· 100 gr gula halus

· 75 gr mentega

· ½ sdt garam

· 4 butir kuning telur

· 100 ml air dingin (es)

Selain itu ibu-ibu juga bisa menambahkan bahan lain seperti selai, gula dll sesuai selera.

Cara pembuatannya gini nih jeng :

ü Buat adonan dari beberapa bahan tadi yaitu tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, dan gula. Campur bahan tersebut dan aduk hingga merata.

ü Setelah adonan rata tambahkan air dan kuning telur, lalu aduk-aduk adonan tersebut sampai dapat dikepal.

ü Jika sudah bisa di kepal-kepal, tambahkan garam dan mentega, kemudian aduk kembali sampai dapat di kepal. Setelah itu diamkan adonan selama 20 menit.

ü Adonan siap untuk dibentuk bulatan-bulatan, kemudian diamkan selama 20 menit sampai mengembang.

ü Jika adonan sudah mengembang, lubangi bagian tengahnya menyerupai cincin.

ü Panaskan minyak goreng dengan api ukuran sedang, biar nggak hangus. Goreng adonan yang sudah bulat tadi sampai matang.

Cara Simple Membuat Kue Biji Ketapang Gurih dan Renyah

ü Tambahkan toping sesuai selera

ü Tambahkan hiasan-hiasan cantik agar semakin menggugah selera.

Nah ibu-ibu sudah tau kan, cara membuat kue yang bulat berlobang di tengah hehe alias Kue donat?

Itulah caranya membuat membuat kue donat , sekarang ibu-ibu dapat mecobanya dirumah, Selamat mencoba ya jeng, kalo udh matang jangan lupa kabarin ya, biar di santap hihii.. sekian saja wassalam.



Read More