free hit counter code
Resep Kue Putri Salju Yang Super Lezat dan Mudah Cara Membuatnya

Resep Kue Putri Salju Yang Super Lezat dan Mudah Cara Membuatnya

resep kue putri salju-kueomek.com

Selamat malam teman-teman, rasanya malam ini begitu sepi dan entah kenapa bawaannya bosan dan suntuk melulu, tapi dari pada ngikutin rasa bosan mending saya senam jari diatas keyboard menyapa dan berbagi kepada teman-teman yang setia dengan website tercinta kita.

Malam ini karena begitu sepi dan dingin, saya coba berbagi resep dan cara bagaimana membuat kue yang biasa disebut putri salju gak pa-pa kali yah? Hm, teman-teman pasti sudah kenal dengan kue ini kan? Saya yakin jangankan kenal, mungkin menyicipinya pun sudah sering kan. Iya tentu saja, kue yang satu ini juga sering kita temukan di hidangan kue lebaran masyarakat Indonesia.

Walau demikian, saya juga akan memperkenalkannya juga spesial untuk teman-teman. Kue ini merupakan jenis kue kering dan gurih berbentuk seperampat lingkaran atau seperti bulan sabit dan ditaburi gula halus di setiap sisinya. Taburan gula halus berwarna putih tersebut menjadi ciri khas dari kue putri salju ini. Karena taburan gula halus berwarna putih tersebut yang kalau dilihat sekilas bagaikan salju yang menyelimuti seorang putri makanya diberi nama putri salju. Haha, ada-ada saja emang nama kue zaman sekarang.



Kue ini sama seperti kue yang lainnya yang berbahan dasar tepung terigu dan margarin. Agar tekstur kue putri salju terlihat lembut dan garing diperlukan komposisi yang tepat antara perpaduan tepung terigu dengan margarin. Dengan menjadikan mentega lebih dominan dibanding tepung terigu akan membuat tekstur kue menjadi ringan dan gurih, sebaliknya jika menginginkan tekstur kue yang lebih padat kita bisa menakarkan tepung terigu lebih banyak dibanding margarin.

Sejatinya kue putri salju memiliki cita rasa dan perpaduan antara asin juga manis, sehingga saat memakannya pun memiliki sensasi yang menarik. Nah, agar rasa penasaran teman-teman terobati mari kita simak resep kue putri salju yang saya rangkum, check it out..

Bahan yang diperlukan :

· 200 gram tepung terigu

· 250 gram margarine

· 75 gram tepung maizena atau bisa juga menggunakan tepung jagung

· 50 gram susu bubuk

· 50 gram gula halus

· ¼ sdt vanili bubuk

· Gula tepung secukupnya untuk topping kue nantinya

· 3 butir telur ayam

Cara membuat kue putri salju :

1. Pertama ayak tepung terigu, tepung maizena ataupun tepung jagung, dan susu bubuk terlebih dahulu dengan tujuan mempersingkat waktu mengaduk adonan agar tercampur rata.

2. Kemudian siapkan wadah untuk adonan terlebih dahulu

3. Masukkan kuning telur, margarin, gula halus dan vanili bubuk lalu kocok adonan hingga tercampur rata.

4. Setelah itu campurkan tepung terigu dan tepung maizena yang telah diayak sebelumnya kemudian aduk lagi adonan hingga tercampur rata.

5. Kemudian masukkan juga susu bubuk yang telah di ayak, sambil adonan tetap di aduk hingga semua bahan tercampur rata.

6. Sementara itu, siapkan plastik sebagai alas adonan, kemudian silahkan bentuk adonan menggunakan cetakan pond putri salju atau ingin bentuk sesuai keinginan

7. Kemudian siapkan loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin



8. Setelah loyang siap, silahkan susun kue putri salju yang telah di bentuk tadi ke dalam loyang, lalu panggang dengan oven pada suhu kurang lebih 150c selama kurang lebih 15 menit hingga permukaan tampak keemasan.

9. Setelah kue matang, keluarkan kue dari panggangan dan dinginkan sebentar, ketika kue sudah dingin taburi gula halus di setiap sisi kue hingga merata.

10. Dan kue putri salju pun siap dihidangkan J



Nah, begitulah resep kue putri salju yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen.
Read More
Resep Kue Bolu Ala Rumahan Yang Terlezat

Resep Kue Bolu Ala Rumahan Yang Terlezat

Resep Kue Bolu Ala Rumahan Yang Terlezat
Resep Kue Bolu Ala Rumahan Yang Terlezat - Halo sobat penikmat kuliner se-nusantara, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat dan tetap semangat dalam berkreasi melestarikan aneka kuliner tanah air ya teman-teman. Nah, demi melestarikan makanan negeri kita tercinta ini saya ingin membagikan suatu informasi resep kue yang sudah tidak asing lagi di kehidupan kita sehari-hari. Sekaligus untuk media dokumentasi saya dalam upaya melestarikan aneka kuliner tanah air.

Kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang resep kue bolu kepada teman-teman penikmat semuanya, baik dari kalangan bunda-bunda kreatif, maupun siapa saja yang turut serta melestarikan aneka kuliner Indonesia. Walau rasanya tidak mungkin jikalau diantara kita gak mengenal kue ini, tapi gak apa-apa saya juga akan mengenalkannya kembali disini. Ya, bak kata pepatah “kalau tak kenal maka tak sayang” J heheh terkadang saya sok bijak ya.

Yuk kenalan, kue bolu juga sering disebut dengan kata kebule-bulean gitu loh, banyak yang menyebutnya dengan kata “cake”, padahal kalau diartikan dalam bahasa Indonesia cake itu artinya kue loh. Kue bolu ini juga termasuk kue yang paling digemari di masyarakat Indonesia dikarenakan teksturnya yang lembut, dan rasa manisnya yang pas. Selain itu, kue bolu juga dapat divariasikan dalam beberapa rasa seperti coklat, pandan, keju dan lain sebagainya.

Hm, sepertinya perkenalan singkat kita sudah cukup yah. Bagaimana? Langsung aja nih kita masuk ke tahap bagaimana cara membuatnya dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat kue bolu yang enak, lembut dan yummy ini. Nah agar lebih konsisten, kali ini saya memberikan info resep untuk kue bolu yang sederhana saja, untuk rasa varian lain, nanti bisa disesuaikan saja.

Siap ya, yuk kita hitung mundur dari 100, haha bisa-bisa dilemparin sama telur saya kalau hitung mundur dari 100, bercanda teman-teman. Yuk simak informasi resep berikut ini.

Pertama-tama mulai dari bahan apa saja yang kita perlukan untuk membuat kue bolu sederhana enak, lembut dan yummy tersebut, berikut bahan-bahannya :
  1. 5 butir telur ayam
  2. 100g tepung terigu
  3. 125g gula pasir
  4. ½ sdt vanili bubuk
  5. 1 sdm cake emulsifier (SP/TBM)
  6. 50g margarin yang telah dilelehkan
  7. Dan ¼ sdt baking powder

Kemudian bagaimana cara mengolah bahan-bahan tersebut menjadi sebuah kue bolu yang nikmat dan lezat? Yuk simak bagaimana cara menyentuhnya dengan lembut:
  • Pertama-tama pisahkan putih telur dan kuningnya dahulu, kita hanya memerlukan kuning telurnya saja. Jadi putihnya kan bisa untuk digoreng sebagai tambahan lauk hari ini, heheh
  • Kemudian siapkan wadah, masukkan margarin, gula pasir, vanili, cake emulsifier dan kocok menggunakan mixer hingga tercampur rata
  • Setelah itu campurkan kuning telur yang telah kita pisahkan tadi dengan adonan, kemudian aduk kembali adonan hingga tercampur dengan rata.
  • Lalu tuangkan tepung terigu dan baking powder sedikit demi sedikit pada adonan sambil adonan tetap dikocok hingga adonan tercampur rata.
  • Sementara itu, oleskan margarin kepada loyang berukuran 25cm yang akan kita gunakan untuk memanggang nantinya, dan dipanaskan sebentar, gunanya agar kue bolu tersebut tidak lengket dengan loyang setelah matang nanti.
  • Jika sudah, tuangkan adonan ke dalam loyang dan panggang dengan oven selama lebih kurang 30 menit hingga warna kue tampak kecoklatan.
  • Setelah matang, angkat kue dan hidangkan

Tips untuk menciptakan rasa yang lebih wah, teman-teman bisa oleskan cream dan taburkan mises ataupun coklat diatas kue setelah matang. Nah, begitulah resep kue bolu yang dapat saya bagikan kepada teman-teman, semoga berkenan dan selamat bereksperimen.
Read More
Resep Kue Pukis Yang Paling Enak dan Benar

Resep Kue Pukis Yang Paling Enak dan Benar

Resep Kue Pukis Yang Paling Enak dan Benar
Resep Kue Pukis Yang Paling Enak dan Benar - Selamat siang, sore, malam dan selamat apa saja menyesuaikan waktu disaat sobat pengunjung membaca artikel ini, hehe. Bagaimana kabarnya hari ini sobat? Semoga kita semua baik-baik saja dan tetap sehat bugar ya, Amin. Terutama sobat pengunjung yang sejatinya adalah ibu rumah tangga yang berjuang menyajikan makanan sehat, enak dan disukai oleh keluarga, dan juga bagi kalangan pengusaha di bidang kuliner. Tanpa terkecuali dah saya doakan kita tetap sehat dan selalu berdiri teguh untuk melestarikan aneka kuliner nusantara.

Kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada teman-teman pengunjung satu makanan nusantara yang cukup laris di jajanan pasar. Jajanan ini merupakan jajanan ringan yang terbuat dari tepung terigu serta rasanya juga enak. Jajanan tersebut sering disebut kue pukis, kue pukis adalah salah satu makanan ringan yang sangat cocok menemani waktu santai dengan segelas teh ataupun kopi di pagi hari maupun di malam hari, selain itu kue pukis juga dapat dijadikan alternatif sarapan yang enak dan cukup untuk mengganjal perut sebelum matahari tegak diatas kepala kita.

Rasa kue pukis yang pas dan tidak terlalu manis menjadikannya pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai kandidat kuliner terpopuler di jajanan pasar, kue ini tidak hanya diminati di kalangan anak-anak saja, namun kalangan remaja, dewasa dan orangtua pun gemar menikmati kelezatan yang disuguhkan oleh kue pukis ini. Bahkan kalangan lansia pun juga gemar menikmati kue pukis ini, hal itu dikarenakan tekstur kue yang lembut dan mudah dikunyah sehingga lansia yang kekurangan gigi pun tetap bisa menikmatinya.

Kue pukis ini biasanya berbentuk bulan setengah, dan memiliki banyak varian terutama di bagian topingnya. Pada bagian inti kue, seringkali orang memadukan citarasa coklat, pandan, dan keju untuk menghasilkan rasa yang lebih lezat. Selain itu pada bagian topingnya juga banyak yang mengkreasikan dengan berbagai bahan lainnya seperti mises, nangka, kacang tanah, ataupun kismis. Terlepas dari itu semua, namun kue tersebut tetap bernama kue pukis, semua kreasi tergantung selera masing-masing.

Untuk itu kali ini saya akan berbagi informasi resep kue pukis sederhana dengan taburan mises sebagai topingnya. Yuk disimak informasi berikut ini.

Bahan yang diperlukan :
  • 180 mili liter santan kelapa
  • 150 gram tepung terigu
  • 3 butir telur ayam
  • 100 gram gula pasir
  • 60 mili liter air putih hangat
  • ½ sdm ragi instan
  • Mises coklat secukupnya sebagai toping, bisa diganti dengan yang lainnya.

Cara membuat kue pukis :
  • Pertama-tama rebus santan kelapa terlebih dahulu sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah hingga mendidih. Setelah mendidih matikan api kompor dan diamkan sejenak
  • Kemudian siapkan wadah sebagai adonan, masukkan ragi instan kedalam adonan dan campurkan dengan air hangat. Lalu aduk adonan hingga berbuih.
  • Sementara itu kocok telur ayam pada wadah yang berbeda, dan campurkan gula pasir sembari di kocok hingga adonan tampak mengental dan mengembang
  • Kemudian tuangkan tepung terigu perlahan-lahan sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.
  • Setelah itu campurkan ragi instan yang telah di campur dengan air hangat sebelumnya, dan aduk lagi hingga semua adonan tercampur rata.
  • Lalu, tuangkan santan yang telah direbus tadi dan aduk semua adonan hingga benar-benar rata. Setelah adonan rata, diamkan dulu sejenak kurang lebih 10 menit.
  • Jika sudah, panaskan cetakan kue pukis yang sudah diolesi sedikit margarin agar tidak lengket. Kemudian tuangkan adonan kedalam cetakan hingga penuh dan panggang diatas kompor dengan api sedang.
  • Setelah kue pukis terlihat setengah matang, taburkan mises coklat diatasnya sebagai toping. Dan tunggu hingga kue pukis benar-benar matang.
  • Setelah matang, angkat dan hidangkan selagi masih panas. Selesai.
Nah, gimana mudah kan membuat kue pukis? Semoga artikel ini bermanfaat dan saya ucapkan selamat bereksperimen dan terimakasih telah mampir untuk membaca.
Read More